Armaggeddon Foxbat-III Review
Connect with us

Armaggeddon Foxbat-III Review

armaggeddon-foxbat-III-cover-review

Peripheral

Armaggeddon Foxbat-III Review

INIGAME.ID – Teknologi wireless dan varian warna backlight umumnya menjadi dua alasan utama mengapa sebuah gaming mouse dibanderol dengan harga jual yang mahal. Akan tetapi, Armaggeddon hadir dengan produk terbarunya yang membantah anggapan tersebut.

Adalah Armaggeddon Foxbat 3, sebuah wireless mouse baru yang tampaknya menyasar para gamers “pembenci kabel” yang punya budget terbatas.

armaggeddon-foxbat-III-3-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Sekadar informasi, mouse ini memiliki dua varian, Kevlar dan Ironsight. Dari segi teknologi, sebenarnya keduanya sama saja. Perbedaannya hanya terdapat di bagian desain grafis di body-nya saja.

INIGAME berkesempatan mencoba Foxbat 3 varian Ironsight, dan berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Desain, Tampilan, dan Bobot

Saat pertama kali melihatnya, Armaggeddon Foxbat 3 menunjukkan kesan sebagai sebuah mouse yang “kecil-kecil cabe rawit”. Pasalnya, mouse ini memiliki dimensi yang cukup mungil, tapi dihiasi dengan desain grafis yang terlihat cukup garang demi mempertebal identitasnya sebagai sebuah gaming mouse.

armaggeddon-foxbat-III-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Tidak hanya itu, mouse berdesain ambidextrous ini juga dilengkapi dengan backlight 7 warna yang berganti-ganti sepanjang waktu.

Di bagian sisi samping dan bawah, mouse ini terbuat dari bahan plastik. Sementara di bagian atas, terdapat lapisan doff yang membuatnya terasa nyaman saat dipegang.

armaggeddon-foxbat-III-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Selain memiliki ukuran yang kecil, Foxbat 3 juga terbilang lebih ringan dari rata-rata. Mouse ini memiliki dimensi sekitar 115mm x 63mm x 35mm dan bobot sekitar 85 gram tanpa kabel.

BACA JUGA:   Logitech G102 Prodigy Review

Tombol dan Scroll Wheel

Mouse ini memiliki 6 tombol yang terdiri dari klik kanan dan kiri, tombol DPI, tombol di scroll wheel dan dua tombol ibu jari di sisi kiri. Sementara Di bagian bawah terdapat tombol untuk menyalakan/ mematikan mouse.

armaggeddon-foxbat-III-tampak-bawah-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Dalam tulisan di packaging-nya, Armaggeddon mengklaim bahwa tombol Foxbat 3 memiliki ketahanan hingga 10 juta kali klik.

armaggeddon-foxbat-III-box-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Untuk scroll wheel-nya sendiri. Foxbat 3 dilengkapi dengan scroll wheel dengan warna kombinasi antara hitam dan bening untuk menampilkan warna backlight. Tidak ada yang terlalu istimewa mengenai performa di bagian ini.

armaggeddon-foxbat-III-scroll-wheel-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Sensor

Armaggeddon Foxbat 3 menggunakan teknologi sensor optik Pixart 3320 dengan sensitivitas antara 500 – 7000 CPI. Seperti yang ditulis di packaging dan bahkan di body mouse-nya sendiri, pengaturan sensitivitas dapat diganti ke dalam 4 stop (800/ 1600/ 2400/ 3200).

armaggeddon-foxbat-III-box-cpi-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Akan tetapi, saat dicoba, mouse ini ternyata memiliki 5 stop. Sayangnya tidak ada informasi yang mengatakan bahwa masing-masing stop ini dapat diubah angkanya secara spesifik. Bahkan, di driver Armaggeddon juga tidak diinformasikan secara mendetail mengenai CPI dengan angka berapa yang sedang digunakan.

Kabel

Karena memiliki teknologi wireless, kabel merupakan hal yang tidak terlalu penting untuk mouse ini. Meskipun begitu, Armaggeddon menyertakan sebuah kabel USB micro dengan panjang 1 meter—yang sayangnya hanya berfungsi untuk melakukan pengisian ulang daya.

armaggeddon-foxbat-III-add-on-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Hal ini cukup disayangkan, pasalnya jika gamers ingin melakukan isi ulang baterai, maka pelat bluetooth yang tersimpan di bagian bawah mouse ini harus tetap digunakan—yang artinya membutuhkan dua buah slot USB di laptop atau komputer.

BACA JUGA:   HP G100 Gaming Mouse Review

Fitur Tambahan

Seperti yang sempat disinggung tadi, Foxbat 3 dilengkapi dengan driver yang bisa didapatkan di website Armaggeddon.

Menggunakan driver ini, gamers dapat mengubah pengaturan setiap tombol, sensitivitas vertikal dan horizontal, serta dapat menyimpannya ke dalam lima buah profile.

armaggeddon foxbat iii driver

Armaggeddon Foxbat III Driver

Sedikit bicara di luar driver tadi, mouse ini juga memiliki fitur menarik di mana ia akan mati secara otomatis jika tidak digunakan selama 8 menit. Hal ini cukup penting mengingat banyak kejadian gamers lupa mematikan mouse wireless-nya ketika sudah tidak digunakan.

Performa dan Pengujian

Masuk ke dalam pengujian pemakaian, Armaggeddon Foxbat 3 menawarkan berbagai kesan menarik saat digunakan.

Dimulai dari desain produknya sendiri, Foxbat 3 dibekali dengan kontur yang cukup nyaman digenggam, terutama bagi para gamers yang memiliki tangan berukuran kecil sampai sedang.

armaggeddon-foxbat-III-digunakan--review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Sementara bagi para gamers yang memiliki tangan besar mungkin tidak terlalu cocok karena mouse ini terasa mudah “tertelan” oleh telapak tangan yang besar.

armaggeddon-foxbat-III-digunakan-2-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Sejalan dari ukurannya, bobot yang ringan juga menjadi alasan lain mouse ini cocok digunakan untuk tangan berukuran kecil—yang umumnya lebih menyukai mouse ringan.

BACA JUGA:   Armaggeddon MKA 3C : Komplit fiturnya, tampil berwarna, cuma setengah juta.

Posisi setiap tombol juga terasa baik dan sangat mudah dijangkau. Akan tetapi, tombol ibu jari yang terletak di sisi kiri mouse ini terasa memiliki travel distance yang cukup jauh/ dalam, sehingga gamers akan perlu memerlukan usaha lebih untuk menekannya.

armaggeddon-foxbat-III-digunakan-3-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Masuk ke sensornya, Foxbat 3 yang menggunakan teknologi wireless mampu menampilkan performa dengan sangat baik untuk melakukan fungsi navigasi. Tidak terasa ada delay atau lag sedikitpun, sehingga sangat ideal untuk digunakan dalam bermain game.

Untuk ketahanan baterai, mouse ini dapat berfungsi selama kurang lebih 15 jam (2 x 5 jam) dalam satu kali pengisian daya.

Kesimpulan

Seperti yang telah disampaikan di awal tadi, mouse ini memang sudah mampu menarik perhatian dari luar. Di dalam fisik yang kecil dan ringan, Armaggeddon menyematkan fitur yang terbilang komplit seperti pengaturan fungsi tombol, backlight dengan warna bervariasi, hingga sensitivitas hingga 7000 CPI.

armaggeddon-foxbat-III-4-review

INIGAME STOCK IMAGE: Armaggeddon Foxbat III

Beberapa kekurangan minor memang dapat ditemui di mouse ini, seperti kurang maksimalnya fungsi kabel yang hanya bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai, bentuknya yang terbilang lebih kecil dibanding rata-rata mouse lain, dan kurang lengkapnya informasi mengenai status CPI yang sedang digunakan.

Secara keseluruhan, Armaggeddon Foxbat 3 merupakan sebuah mouse wireless yang cukup menarik untuk dipertimbangkan, terutama bagi para gamers pemula dengan budget terbatas. Pasalnya, hanya dengan harga mulai dari Rp245.000,-, gamers sudah bisa meminang wireless mouse ini lengkap dengan sebuah mouse pad, baik untuk varian Kevlar, maupun Ironsight.

Gamers yang tertarik bisa membelinya di INIGAME Store yang sudah memiliki afiliasi dengan distributor resmi Armaggeddon, Leapfrog Indonesia.

More in Peripheral

MUST READ

To Top