Apa Sebenarnya yang Terjadi dengan Nintendo NX?
Connect with us

Apa Sebenarnya yang Terjadi dengan Nintendo NX?

Nintendo NX illustration

Nintendo

Apa Sebenarnya yang Terjadi dengan Nintendo NX?

INIGAME.ID – Hingga saat ini, tidak ada tanda-tanda Nintendo akan segera memperkenalkan konsol barunya, yang dikenal dengan nama Nintendo NX.

Mungkin banyak di antara gamers yang penasaran, heran, bahkan bosan menunggu kehadiran konsol ini yang tak kunjung tiba. Di balik semua rasa itu, sebenarnya adalah hal yang sangat wajar bagi Nintendo untuk mendapatkan tambahan waktu dalam pengembangan NX. Kenapa begitu?

Tentu gamers tidak lupa bahwa NX mulai dikembangkan oleh Nintendo sejak tahun 2014—saat perusahaan masih berada di bawah pimpinan Satoru Iwata. Dan seperti yang gamers ketahui, Juli 2015, Iwata meninggal dunia—dan kepemimpinannya digantikan oleh Tatsumi Kimishima.

tatsumi-kimishima-nintendo

Jelas hal ini menyebabkan adanya celah yang cukup lebar untuk proses pengembangan maupun produksi konsol terbaru ini. Bisa dibilang Nintendo NX telah menjadi proyek estafet antar dua kepala yang tentunya membutuhkan waktu dan kerja keras lebih untuk menyelesaikannya.

BACA JUGA:   Nintendo Konfirmasi Kehadiran Nintendo NX pada Maret 2017

Untuk itu, mungkin untuk saat ini tampaknya Nintendo NX masih urusan internal perusahaan yang belum layak dikonsumsi oleh publik.

nintendo-nx-concept

Sayangnya, meskipun dengan alasan seperti itu, spekulasi tetaplah tidak bisa ditutupi penyebarannya. Melihat dari cara pandang yang berbeda, Alexander Maier dari Dual Pixels membagikan beberapa poin penting berdasarkan analisanya mengenai hubungan NX dengan proyek yang lain. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • NX akan memiliki kabel dengan kepala HDMI di ujungnya yang berfungsi untuk menghubungkan dan menampilkan game di layar tersebut.
  • Controller NX akan memiliki komponen motor yang berfungsi menghasilkan efek getar untuk menambah keseruan dalam aktivitas in-game yang beragam.
  • NX akan memiliki fitur bluetooth yang dapat dihubungkan dengan smartphone atau tablet. Fungsinya tidak lain untuk menampilkan notifikasi ataupun telepon langsung di layar—sehingga gamers bisa tetap berkomunikasi sambil bermain.
  • Meskipun belum ada informasi detail mengenai komponen di dalamnya, secara sederhananya, untuk segi hardware, NX diyakini akan sama kuatnya dengan hardware Xbox One. Sementara dari segi software, konsol ini diyakini setara dengan kinerja 50x Wii U dan 100x PlayStation Vita.
  • Bagi developer, NX dengan NintendOS sebagai sistem operasinya akan menjadi konsol yang sangat mudah dan ramah. Maksudnya di sini, developer yang biasa membuat game untuk PlayStation atau Xbox, dapat dengan mudah membuat versi Nintendo-nya. Kemudahan yang sama juga diprediksi akan berlaku untuk Android dan Unreal Engine 4.
  • Melanjutkan kemudahan akses di Android tadi, tidak menutup kemungkinan game masa depan, Pokemon GO, juga akan hadir di NX. Artinya, konsol ini tentu mampu mendukung fitur Augmented Reality dan GPS di dalamnya.
  • Elemen utama yang selalu dipegang kuat oleh Nintendo, yakni kebersamaan, tidak akan luntur sama sekali dalam NX. Terdapat fitur konektivitas untuk kebutuhan multiplayer untuk para komunitas yang dirangkulnya.
BACA JUGA:   Bos Nintendo: Produksi Wii U Mungkin Dihentikan mulai Maret 2018

Perlu diakui, jika beberapa poin di atas benar adanya, Nintendo benar-benar membuktikan janjinya untuk menghadirkan konsol dengan lompatan jauh dari konsol sebelumnya, Wii U. Lalu bagaimana menurut gamers? Punya informasi atau analisa menarik lain mengenai Nintendo NX?

BACA JUGA:   Nintendo NX akan Usung Teknologi Virtual Reality di Dalamnya?

Hi! I'm Vincent Suryaputra, COO & Co-founder of INIGAME. I love anything about games, science, and mythical stories. You can reach me on [email protected] and follow my Twitter @vincsurya

Click to comment

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

More in Nintendo

To Top