AMD Bocorkan Identitas Prosesor Zen, Siap Dirilis Awal Tahun 2017
Connect with us

AMD Bocorkan Identitas Prosesor Zen, Siap Dirilis Awal Tahun 2017

AMD Zen Processor

News

AMD Bocorkan Identitas Prosesor Zen, Siap Dirilis Awal Tahun 2017

INIGAME.ID – Setelah sempat menghebohkan sektor teknologi karena pertarungannya dengan Nvidia di sektor kartu grafis, AMD kini kembali mengumumkan amunisi terbarunya yang kali ini berasal dari sektor prosesor.

amd ceo lisa su

Seperti yang sudah bisa ditebak, amunisi ini adalah prosesor Zen, yang sempat menjadi misteri mengenai kebenarannya. Mengundang beberapa media untuk menghadiri pertemuan di San Fransisco, AMD memang belum mengumumkan peluncuran prosesornya, akan tetapi setidaknya mereka memberikan konfirmasi bahwa keberadaan produk ini benar adanya, dan siap dirilis tahun 2017 mendatang.

amd zen processor summit ridge

Dalam presentasinya, CTO AMD, Mark Papermaster mengatakan bahwa kekuatan utama prosesor Zen yang mereka buat terletak pada kekuatan, saluran daya, dan efisiensi yang diperhitungkan secara matang dalam arsitektur 14 nm chip, atau setara dengan penghematan tempat sebesar 40% dari chip di prosesor generasi terdahulu.

amd zen processor concept

Tidak hanya itu, AMD juga telah mengimplementasikan sistem Simultaneous Multithreading (SMT) yang memunkinkan masing-masing core prosesor dapat menjalankan pekerjaan (memiliki thread) dua kali lipat dalam waktu bersamaan. Sekadar informasi, SMT pada AMD sebenarnya kurang lebih sama dengan teknologi HyperThreading besutan Intel.

Meskipun telah memberikan informasi pasti mengenai kehadiran Zen di tahun 2017, pada kesempatan kemarin, AMD masih belum memberikan informasi yang lebih detail mengenai performa yang dapat dihadirkan oleh prosesor ini, baik dari segi clock speed, maupun daya yang dibutuhkan.

Menariknya, meskipun tidak memberikan informasi teknikal secara detail, AMD memberikan hasil komparasi dari chip terbaru mereka ini dengan performa Core i7-6900K. Hasilnya, dalam konfigurasi clock yang sama-sama berada di angka 3 Ghz, chip yang diberi nama Summit Ridge ini dapat menyelesaikan sebuah rendering di Blender sekitar setengah detik lebih cepat dibanding chip Intel.

amd zen processor vs intel

Sebagai penutup, pihak AMD mengungkapkan untuk meluncurkan chip Summit Ridge pada kuartal pertama tahun 2017. Sementara bagi para gamers yang sudah melihat jauh ke depan dan menanyakan mengenai keberadaan Zen di dalam laptop, AMD mengatakan akan menghadirkannya pada semester kedua tahun 2017.

Comments

More in News

To Top