Connect with us

INIGAME

3 Alasan Minecraft adalah Game yang Ideal untuk Perangkat VR

Minecraft in Virtual Reality

News

3 Alasan Minecraft adalah Game yang Ideal untuk Perangkat VR

INIGAME.ID – Hampir semua gamers tentu mengetahui salah satu game paling sukses hingga saat ini, Minecraft.

Hadir dengan grafis yang sangat jauh dari kata realistis, justru game ini mampu menonjol dengan gayanya yang nyentrik ini. Mengikuti perkembangan teknologi yang sedang dibanjiri dengan Virtual Reality, Minecraft pun dipastikan akan turut masuk ke dalamnya.

minecraft-oculus

Hal ini diungkapkan oleh pihak Microsoft beberapa waktu lalu yang berencana untuk membawa game ini agar dapat dimainkan di Oculus Rift.

Dikutip dari pengalaman Nathan Ingraham dari Engadget yang mendapatkan kesempatan mencoba demonya, memainkan Minecraft di Oculus Rift merupakan pengalaman VR terbaik yang pernah dirasakannya hingga saat ini. Kenapa bisa begitu?

BACA JUGA:   Penjualan PlayStation VR Jauh Lebih Laris Manis Ketimbang Oculus dan HTC Vive

1. Minecraft adalah First Person Game

Seperti yang gamers ketahui, dalam gameplay-nya, Minecraft menudukung format tampilan first person—unsur utama yang menjadi inti dari teknologi VR. Sehingga kecocokan antar keduanya sudah tidak perlu diragukan lagi.

minecraft-gameplay-screenshot

Aktivitas yang dilakukan dalamnya juga terbilang sangat sederhana seperti memukul, menggali, mengubur, berburu, melempar, dan banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh siapapun.

2. Minecraft punya gayanya sendiri

Ketika para developer berlomba-lomba untuk mengejar gambar yang realistis, Minecraft tidak perlu sibuk memusingkan hal yang sama—karena game ini sudah sangat populer dengan tampilan low res khasnya dengan piksel-piksel yang sangat besar.

BACA JUGA:   Mengintip Fitur VR Broadcasting untuk eSports di Masa Depan

Minecraft game screenshot

Hal ini membuat siapapun yang memainkannya dengan Oculus seakan-akan masuk ke dalam dunia kartun. Meskipun terdengar lucu, akan tetapi jika dipikirkan lebih jauh, justru konsep ini mampu mengajak para pemainnya untuk tetap betah di dalam “dunia lain” ini.

3. Minecraft adalah Open World Game

Untuk saat ini, tidak banyak orang yang membahas mengenai skala open world untuk sebuah game VR. Sementara itu, Minecraft adalah salah satu game open world paling luas di mana gamers benar-benar bisa melakukan “segalanya” di dalamnya.

BACA JUGA:   Final Fantasy XV Versi VR Dianggap Kurang Memuaskan?

Minecraft landscape

Bayangkan saja, menggunakan perangkat VR saat berjalan-jalan dan berpapasan dengan pemain lain yang juga menggunakan perangkat VR tentu akan menjadi satu keunikan tersendiri dalam berkomunikasi di dalam game.

Meskipun terdengar sangat menjanjikan dan sepertinya sangat mudah untuk segera direalisasikan, pihak Microsoft mengaku masih membutuhkan waktu yang panjang untuk dapat menghadirkan pengalaman bermain yang benar-benar mulus dan menyenangkan.

minecraft-in-virtual-reality

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai tanggal rilisnya. Akan tetapi, jika proyek ini selesai nantinya, sepertinya tidak akan sulit bagi Minecraft untuk kembali mendominasi platform VR—seperti yang dilakukannya selama ini.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!