7 Hal Wajib yang Perlu Diketahui Gamers di Tree of Savior Indonesia
Connect with us

7 Hal Wajib yang Perlu Diketahui Gamers di Tree of Savior Indonesia

tree-of-savior-indonesia-cover

News

7 Hal Wajib yang Perlu Diketahui Gamers di Tree of Savior Indonesia

INIGAME.ID – Saat bermain suatu game yang baru, tentunya gamers akan menemui banyak masalah dan kesalahan. Dan seringkali, setelah melakukan hal tersebut kita selalu menyesal dan paling buruknya merasa frustasi.

Baca Juga : Tree of Savior Indonesia Review

Nah dari pengalaman sebagai beta tester Tree of Savior Indonesia, ada beberapa hal yang perlu gamers pemula ketahui sebelum memainkan TOS. Dengan begitu, akan mencegah kesalahan dan penyesalan.

Berikut 7 hal yang perlu gamers TOS ketahui :

1. Mengganti First name dan Last name

Dalam TOS terdapat [First name] dan [Last name], namun saat pembuatan karakter hingga mulai, mungkin beberapa gamers tidak menyadari mengapa ada first name dan last name.

Namun jangan khawatir, karena kedua nama ini dapat gamers ganti kapan saja. Untuk mengganti last name atau dalam TOS disebut team name, dapat diganti saat pemilihan karakter. Pilih lodge setting untuk menggantinya.

Untuk first name, gamers dapat menggantinya saat masuk ke dalam game. Buka info character bisa dengan menekan F1 atau memilih icon yang ada di kanan bawah. Klik tanda seru yang ada di samping nama class untuk mengganti first name.

Masih belum tahu apakah fitur ini nantinya harus bayar saat gamers ingin menggantinya, namun saat CBT gamers dapat menggantinya sesuka hati.

tree-of-savior-indonesia-team-name

[Team Name]

tree-of-savior-indonesia-character-name

[Character Name]

2. Bunuh Monster Baru yang Ditemui

Setiap game tentunya terdapat fitur rank yang mencakup pencapaian dalam bermain. Fitur dalam TOS dinamai Adventure History yang meliputi kategori item, monster, crafting, quest, map dan content yang akan tercatat saat menemui hal baru.

Bisa dibilang adventure history ini sebagai database gamers. Nah dari setiap kategori di adventure history terdapat level progress yang akan di convert ke score. Akumulasi dari semuanya akan menunjukkan total score rank yang akan tercatat di Adventure journal ranking.

Dan salah satu yang suka terlewat adalah kategori monster. Untuk itu, agar tidak terlewat, cukup bunuh satu monster baru yang ditemui untuk mendapatkan informasi monster tersebut yang akan tercatat di achievement.

Selain menambah point, nantinya juga gamers dapat melihat informasi monster tersebut untuk tahu attribute atau drop item yang dimiliki monster tersebut.

tree-of-savior-indonesia-kill-monsters

3. Eksplorasi Map

Jangan malas untuk eksplorasi map. Karena dengan eksplorasi map ada beberapa keuntungan yang bisa didapat.

Pertama, membuka map dapat menambah score dalam Adventure History.

tree-of-savior-indonesia-explore-map-img

Kedua, gamers dapat menemukan kotak harta karun (tidak semua map ada) yang didalamnya berisi berbagai macam item seperti gem dan equipment.

tree-of-savior-indonesia-explore-map-img-2

Ketiga, menemukan Goddess Statue. Terdapat dua jenis Goddess Statue, yaitu Goddess Vakarine Statue dan Goddess Zemyna Statue. Kegunaan kedua patung berbeda, dimana Goddess Vakarine Statue berguna untuk gamers warp ke Goddess Vakarine Statue lainnya yang sudah diaktifkan sebelumnya. Dan Goddes Zemyna Statue, akan memberikan status point.

tree-of-savior-indonesia-explore-map-img-3

Dan yang keempat, menemukan NPC yang akan memberikan gamers sub quest. Ini sangat penting karena hadiah dari sub quest berupa equipment atau EXP Card yang berguna untuk menaikkan experience class level dan character level.

tree-of-savior-indonesia-explore-map-img-4

tree-of-savior-indonesia-explore-map-img-5

4. Setiap Class Hanya Memiliki Total 15 Point

Setiap class level gamers mencapai 15, gamers dapat rank up ke class selanjutnya. Setelah rank up, class level akan kembali ke 0. Karena itu, setiap class hanya memiliki total 15 point untuk menaikkan skill class yang ada.

Setelah rank up, gamers tidak bisa menggunakan skill point yang baru didapat untuk menaikkan skill class sebelumnya. Walaupun tentunya gamers dapat melakukan reset, namun lebih baik memikirkan baik-baik sebelum menaikkannya.

5. Death Penalty

Seperti pada game yang “dulu”, saat mati, gamers akan mendapatkan death penalty berkurangnya experience level. Nah di Tree of Savior juga terdapat death penalty.

Saat gamers mati di dalam dungeon, gamers akan mendapatkan dua death penalty. Pertama gamers akan kehilangan durability equipment yang dipakai cukup besar. Kedua, semua gem yang ada di tas gamers (tidak termasuk yang sudah di colok) akan jatuh.

Bila gamers tidak hidup kembali dan mengambilnya, maka gamers akan kehilangan gem tersebut.

6. Seringnya Boss Battle

Terdapat dua jenis quest yaitu main quest dan sub quest. Namun keduanya, akan membuat gamers sering bertemu dengan boss dan mengalahkannya.

Berhubungan dengan death penalty, tentunya akan sangat bahaya apabila gamers menemui boss dalam dungeon dan mati tanpa bisa hidup kembali di tempat.

Karena itu, sangat baik apabila gamers melakukan persiapan terlebih dahulu seperti membeli potion, repair equipment dan enhance equipment.

tree-of-savior-indonesia-boss-battle

Tidak Ada Verifikasi Saat Menghapus Karakter

Ini mungkin masalah sepele namun bisa menjadi besar apabila tidak sengaja atau dilakukan oleh orang lain (bukan pemilik id asli). Saat gamers tanda (-) yang ada di samping character, akan muncul sebuah pesan “Apakah kamu mau menghapus character ini” dengan pilihan ya atau tidak.

Jika gamers memilih ya, maka karakter akan langsung terhapus tanpa adanya verifikasi terlebih dahulu seperti memasukan PIN atau sebagainya.

Masih belum diketahui apakah ini hanya berlaku di CBT atau memang tidak ada verifikasi walaupun sudah memasuki OBT.

tree-of-savior-indonesia-delete-character

Comments

More in News

To Top