Connect with us

7 Hal yang Perlu Gamers Ketahui saat Bermain Pokemon GO

Pokemon GO (image credit: Engadget)

Android

7 Hal yang Perlu Gamers Ketahui saat Bermain Pokemon GO

INIGAME.ID – Apakah masih ada gamers yang belum memainkan Pokemon GO? Atau baru saja memainkannya? Menjadi game yang terkenal banyak menyimpan rahasia di baliknya, banyak gamers yang masih belum memahami beragam fungsi dan cara kerja fitur-fitur di dalamnya.

Berikut adalah 7 hal yang perlu gamers ketahui saat bermain Pokemon GO.

1. Pokemon Tracker

Hal pertama yang perlu diketahui adalah kemampuan karakter gamers untuk mengidentifikasi Pokemon sekitar. Jika gamers lihat pada ujung kanan bawah layarterdapat kotak berisi daftar Pokemon di sekitar posisi gamers saat itu.

Setiap daftar Pokemon ini memiliki gambar telapak kaki di bawahnya yang menunjukkan seberapa jauh Pokemon itu dari posisi gamers berdiri. Dan bagi yang belum tahu, daftar ini sama sekali tidak disusun secara acak.

Pada gambar berikut ini, ditunjukkan keberadaan Pokemon dari yang terjauh hingga yang terdekat. Di sisi kiri atas adalah yang paling dekat, sementara di kanan bawah adalah yang paling jauh.

nearby pokemon list

Tidak ada telapak kaki artinya berjarak 0 – 5 meter dari posisi gamers sekarang, satu telapak kaki berjarak 5 – 15 meter, dua telapak kaki berjarak 15 – 30 meterdan tiga telapak kaki berjarak 30 – 45 meter.

Pokemon yang gamers sudah miliki akan berwarna pada list nearby pokemon, sementara Pokemon yang belum pernah diemui akan berbentuk siluet saja. Tapi jika gamers sudah pernah menemukan pokemon itu dan gagal menangkapnya, gamers akan melihat pokemon tersebut secara samar.

Kalau gamers menemukan pokemon incaran gamers di list nearby pokemon dan ingin menangkapnya, caranya adalah dengan mengklik pokemon yang menjadi fokus gamers dalam list nearby pokemon.

Kemudian arahkan HP gamers ke arah yang berbeda-beda secara perlahan dengan memutarnya 360º. Nantinya gamers akan melihat ada denyutan berwarna hijau di tempat list nearby pokemon. Itu artinya, arah tersebut menunjukkan keberada pokemon tersebut.

Hal ini kemudian gamers kombinasikan dengan melihat telapak kaki di bawah pokemon tersebut.

Jika gamers menemukan ada daun pada map, itu bukan sekedar pemanis pada Pokemon Go. Melainkan disitu ada pokemon yang sedang bersembunyi. Jadi sebaiknya gamers tunggu ketika daun tersebut sudah di dalam radar.

2. Pokemon

Starter

pokemon go pikachu

Pada awal bermain gamers akan diberikan 3 Pokemon starter, yaitu Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle. Gamers dapat menangkap salah satunya untuk dijadikan Pokemon starter.

Namun sebenarnya Pokemon starter tidak hanya itu, masih ada 1 lagi, yaitu Pikachu. Cara memilih Pikachu adalah dengan menjauhkan diri dari ketiga pokemon starter. Ulangi cara tersebut sampai Pikachu muncul.

BACA JUGA:   Tiga Perusahaan Raksasa Kucurkan Dana Rp400 Miliar untuk Pokémon GO!

Stardust dan Candy

Ketika gamers menangkap Pokemon akan didapati 100 Stardust dan 3 Candy sesuai dengan Pokemon kelas terbawahnya. Gamers juga dapat mentransfer Pokemon milik gamers menjadi 1 buah Candy.

Setelah ditransfer, Pokemon tersebut akan hilang. Jadi berhati-hatilah ketika melakukan transfer.

pokemon go stardust candy

Stardust memiliki fungsi untuk memberikan power-up bagi Pokemon. Jika gamers lihat ada Combat Power (CP) di atas Pokemon, hal tersebut untuk mengukur kekuatan dari Pokemon tersebut saat digunakan bertarung di gym.

Sedangkan Candy digunakan untuk melakukan power-up sekaligus melakukan evolusiBeberapa Pokemon tidak bisa melakukan evolusi, jadi Candynya dapat gamers gunakan untuk melakukan power-up.

Melakukan power-up dibatasi oleh level trainer. Oleh karena itu, terkadang gamers harus menaikkan level dulu untuk bisa melakukan power-up kembali. Tidak ada batasan maksimal untuk power-up.

Combat Power

Jika gamers kebingungan apakah pokemon tersebut sudah cukup kuat atau belum, bisa gamers liat melalui CP bar, yang dapat gamers temukan di atas pokemon tersebut.

Ketika melakukan evolve, CP dari evolution pokemon akan berpengaruh dengan CP pokemon sebelumnya. Jadi semakin besar CP pokemon sebelumnya, maka saat evolve akan semakin besar.

Experience

Menangkap Pokemon akan mendapatkan +100 exp dengan bonus 10 – 100 exp tergantung dari cara gamers menangkapnya. Menggunakan curve ball akan menambah exp, caranya dengan memutar-mutar PokeBall terlebih dahulu sebelum dilempar.

  • Mengunjungi PokeStop akan memberikan +50 exp dan +100 exp jika PokeStop tersebut memberikan lebih dari 6 items.
  • Melakukan evolusi Pokemon akan memberikan +500 exp dan +500 exp setiap ada Pokemon baru yang ditemukan.
  • Hatching Eggs memberikan +200 exp untuk 2 km eggs, +500 exp untuk 5 km eggs, dan +1000 exp untuk 10 km eggs.

Elements

pokemon go element guide

Pada saat melakukan battle di gym, elements merupakan salah satu unsur paling penting juga. Pada gambar di atas dapat gamers lihat elements dari beragam Pokemon, mulai dari resist hingga weakness-nya.

Circle Indications

Ketika menangkap Pokemon, terdapat satu lingkaran berwarna yang menunjukkan tingkat kesulitan dalam menangkapnya, terbagi menjadi:

  • Hijau: Pokemon memiliki kemungkinan besar tertangkap
  • Kuning: Pokemon sedikit sulit ditangkap
  • Merah: Pokemon memiliki kemungkinan besar untuk lepas dari Poke Ball

3. Pokemon Eggs

Pada Pokemon GO memiliki sistem Hatching Eggs, yang perlu gamers tetaskan. Cara menetaskannya adalah dengan memasukan telur ke dalam inkubator dan kemudian berjalan sekian kilometer, tergantung dari kilometer yang tertera di bawah telur tersebut.

BACA JUGA:   9 Hal Ngeselin Ketika Bermain Pokemon Go

Seperti yang telah disampaikan tadi, ada 3 jenis telur, 2 km, 5 km, dan 10 km. Setiap telur memiliki konten yang berbeda-beda. Mengenai list isi dari telurnya dapat gamers lihat pada gambar di bawah ini.

pokemon go egg list

4. Poke Stop

pokemon go pokemon stop

PokeStop merupakan tempat untuk mendapatkan item-item berdasarkan level trainer. PokeStop biasanya berlokasi di tempat-tempat ibadah, tugu, patung, mural, gedung terkenal, dan papan nama.

5. Gym dan Team

Gym merupakan tempat untuk memperebutkan prestige. Sesaat setelah level gamers akan diberikan tutorial singkat mengenai gym.

pokemon go team faction

Terdapat 3 pilihan team dengan efek yang berbeda-beda:

  • Team Instinct (Zapdos): Mendapatkan Pokemon CP besar dari hatching eggs.
  • Team Mystic (Articuno): Mendapatkan Pokemon CP besar dari evolving pokemon.
  • Team Valor (Moltres): Mendapatkan Pokemon CP besar dari power-up pokemon.

Lokasi gym umumnya terletak di monumen, mall, lokasi sangat terkenal, dan patung.

6. Shop dan Item

Pokemon GO memiliki shop yang dapat gamers kunjungi untuk membeli item pendukung permainanItems yang ada di shop hanya bisa dibeli menggunakan koin yang dapat gamers beli menggunakan cash asli.

Gamers bisa mendapatkan koin secara gratis tanpa perlu membelinya dengan cara mengklik tombol perisai di ujung kanan atas shop. Setiap 1 gym yang gamers miliki akan memberikan 500 Stardust dan 10 koin dengan cooldown 20 jam. Berikut adalah penjelasan masing-masing item-nya.

Poke Ball

Terdapat 3 jenis poke ball dalam pokemon go sampai sejauh ini:

  • Poke Ball
  • Great Ball (unlock lv 12)
  • Ultra Ball (unlock lv 20)
  • Master Ball (diperkirakan unlock lv 30)

Hanya Poke Ball yang tersedia di shop, sementara Great Ball dan Ultra Ball hanya bisa didapatkan melalui PokeStopsetelah mencapai level tertentu dan pada saat level trainer naik. Sampai sejauh ini, belum ditemukan adanya Master Ballnamun diperkirakan Master Ball akan mulai didapat saat level 30.

Poke Ball dapat dibeli di shop seharga 100 koin untuk 20 Poke Ball, 460 koin untuk 100 Poke Ball, dan 800 koin untuk 200 Poke Ball.

Incense

Berfungsi untuk menarik pokemon di sekitar trainer selama 30 menit. Incense dapat gamers beli di shop seharga 80 koin untuk 1 buah Incense500 koin untuk 8 buah Incensesdan 1250 koin untuk 25 buah Incenses.

Lure Module

Berfungsi untuk menarik Pokemon di sekitar poke stop selama 30 menit. Dan menariknya, efek ini juga berfungsi untuk trainer lainnya. Item ini dapat gamers beli di shop seharga 100 koin untuk 1 buah Lure Module dan 680 koin untuk 8 buah Lure Modules.

Potion

pokemon go potion list

Terdiri atas 4 jenis potion dalam Pokemon go:

  • Potion: Melakukan healing sebesar 20 HP
  • Super Potion: Melakukan healing sebesar 50 HP (unlock lv 5)
  • Hyper Potion: Melakukan healing sebesar 200 HP (unlock lv 15)
  • Max Potion: Melakukan healing sampai HP pokemon full (unlock lv 25)

Potion tidak dapat dibeli melalui shop dan hanya bisa didapatkan dari PokeStop.

BACA JUGA:   Diblokir oleh Niantic, Pembuat Pokevision Ajukan Protes melalui Surat Terbuka

Lucky Egg

Mendua kali lipatkan hasil exp yang didapat dari manapun selama 30 menit. Gamers dapat membelinya di shop seharga 80 koin untuk 1 telur, 500 koin untuk 8 telur, dan 1250 koin untuk 25 telur.

Egg Incubator

Tempat trainer untuk melakukan hatching eggsGamers akan memiliki satu buah inkubator tanpa batas untuk satu telur. Jika gamers membutuhkannya lagi, dapat membelinya di shop seharga 150 koin untuk 3x hatching eggs.

Bag Upgrade

Menambahkan jumlah maksimal dari item yang dapat gamers bawa sebanyak 50 slot. Bag upgrade dapat gamers beli seharga 200 koin.

Pokemon Storage Upgrade

Menambahkan jumlah maksimal dari Pokemon yang dapat gamers bawa sebanyak 50 slot. Pokemon storage upgrade dapat gamers beli seharga 200 koin.

Razz Berry

Razz Berry diberikan untuk Pokemon yang akan ditangkap dan membuatnya lebih mudah ditangkap saat lemparan Poke Ball berikutnya. Razz Berry hanya bisa didapatkan melalui PokeStopsetelah mencapai level tertentu dan pada saat level trainer naik.

Revive

Terdapat 2 jenis revive:

  • Revive: Membangkitkan Pokemon yang tidak bisa bertarung lagi dengan setengah HP.
  • Max Revive: Membangkitkan Pokemon yang tidak bisa bertarung lagi dengan full HP.

Revive akan gamers unlock pada lv 5, sedangkan max revive masih belum diketahui level berapa dapat di-unlock. Kedua items ini tidak dapat dibeli melalui shop.

7. Berhati-hati Terhadap Sekitar

pokemon go warning advice

Paling terakhir yang tidak boleh gamers lupakan adalah tetap perhatian dengan lingkungan sekitar.

Sudah banyak kasus kejadian karena bermain pokemon go secara tidak hati-hati.

Pokemon Go sendiri sudah memberikan peringatan berulang-ulang setiap gamers menyalakan aplikasinya.

Remember to be alert at all times. Stay aware of your surroundings.

Jangan terlalu terfokus pada HP, perhatikanlah lingkungan sekitar juga. Kejahatan dan kecelakaan bisa terjadi di mana-mana jika gamers tidak awas dengan keadaan sekitar.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in Android

To Top