Connect with us

7 Alasan Mengapa Banyak Gamers Memilih Bermain di PC daripada Konsol

7 alaasan gamers memilih bermain di pc daripada konsol

News

7 Alasan Mengapa Banyak Gamers Memilih Bermain di PC daripada Konsol

INIGAME.ID – Perlu diakui, “pertarungan” antara gamers PC dan konsol masih ketat berlangsung hingga tahun 2017. Kira-kira hal apa yang diperdebatkan sehingga banyak gamers lebih memilih bermain di PC daripada konsol?

Berdasarkan pengalaman dan peneliatian yang dilakukan, berikut 7 alasan banyak gamers lebih memilih PC daripada konsol:

1. Harganya Lebih Murah

PlayStation 4 dan Xbox One memang memberikan kemampuan grafis yang luar biasa dengan komponen-komponen di dalamnya. Harga kedua konsol tersebut masing-masing $399 dan $499 (sekitar Rp 5,5 – 6,8 juta).

lenovo-ldeacentre-y900-review

INIGAME STOCK IMAGE : Lenovo Ideacentre Y900 Review

Tapi PC dapat merekayasakan hasil yang diberikan oleh kedua konsol dengan harga yang lebih murah (asal gamers paham apa yang harus dipilih dan dilakukan).

2. Dapat Di-upgrade Sesuai Kebutuhan

Salah satu kelemahan dari konsol adalah spesifikasi yang tidak dapat di-upgradeGamers yang ingin menikmati beberapa games dengan grafis yang lebih mantap harus membeli konsol baru lagi seperti PlayStation 4 Pro.

Maket PlayStation 4 Neo

Maket PlayStation 4 Neo

Sementara PC gamers hanya perlu mengganti beberapa perangkat di PC untuk menentukan performa yang diinginkan (asal ada uangnya).

BACA JUGA:   Begini Tampilan Baru Map Nuke CS:GO Setelah Update Terbaru

3. Exclusive Games

Konsol tentunya memiliki beberapa games yang tidak dirilis di PC sebagai keuntungan untuk konsol tertentu.

Tetapi PC bahkan bisa dikatakan memiliki lebih banyak game yang tidak hadir di perangkat konsol. Mulai dari yang sederhana seperti game-game indie, sampai yang memiliki grafis mentereng seperti Total War: Warhammer, XCOM 2, World of Warcraft: Legion, Civilization VI, dan masih banyak lagi.

total war warhammer

Total War: Warhammer

Tidak hanya itu saja, jangan lupa beberapa game MOBA yang tidak akan pernah hadir seperti DotA 2, League of Legends, Heroes of the Storm, dan lainnya.

ASUS-N501JW-dota2

4. Tidak Harus Membayar Lebih untuk Menikmati Online Service

Gamers yang ingin bermain secara online di PlayStation 4 harus membayar sejumlah uang untuk menikmatinya setiap bulan. Tentunya online service tersebut akan membawa beban tambahan di dompet gamers.

playstation now

Playstation Now Dihentikan

Sementara itu, untuk PC, gamers tidak perlu membayar lebih untuk online service yang mereka inginkan.

BACA JUGA:   Demo Tales of Berseria Telah Hadir di Steam

5. Update yang Cepat

Beberapa gamers mungkin tidak menyadari delay dari update yang dilakukan untuk PC dan konsol pada game yang sama seperti Overwatch, Smite, GTA V dan lainnya. Gamers di konsol seringkali harus menunggu lebih lama untuk update berisi fix dari bug atau patch untuk game tersebut.

Overwatch Competitive Play Season 2

Overwatch Competitive Play Season 2

Gabe Newell, pemilik Valve juga mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu alasan mengapa pihaknya tidak mau berurusan dengan konsol.

6. Lebih Sering Diskon untuk Games di PC

Pemilik PC yang menggunakan Steam seringkali mendapatkan penawaran harga yang menakjubkan dari diskon yang diadakan di berbagai platform digital game. Contohnya yang paling sering seperti Humble Bundle dan Steam. Valve memberikan diskon mulai dari 10 – 90% untuk game lama sampai game yang baru saja dirilis.

7 Alasan Mengapa Banyak Gamers Memilih Bermain di PC daripada Konsol

Steam Sale

7. PC Dapat Diutak-atik Sesuai Keinginan

Di zaman yang modern ini, gamers dapat menggunakan controller sebagai pemberi input ke dalam game di PC selain keyboard.

Tidak hanya itu saja, gamers dapat mengatur PC gamers agar dapat bermain di TV layar lebar seperti layaknya konsol (dengan catatan PC gamers kuat untuk melakukan hal tersebut).

BACA JUGA:   Dengan Satu Program, Orang INI Berhasil Menjebak 5.500 Cheaters CS:GO

Bahkan bagi yang suka dengan modding, PC bisa menjadi obyek yang sangat seru untuk didandani dan dipamerkan layaknya mobil sport.

pc mod - autobot

PC Mod – Autobot (Photo Credit: Suchao Prowphong)

Jadi bagaimana gamers? Apakah alasan di atas dapat mengubah pikiran gamers untuk menjadi PC gamers atau masih kekuh menjadi konsol gamers? Tuliskan di kolom komentar di bawha.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in News

To Top