Connect with us

6 Gejala Seorang Gamer sudah Kecanduan Pokemon GO

Pokemon GO

Android

6 Gejala Seorang Gamer sudah Kecanduan Pokemon GO

INIGAME.ID – Fenomena Pokemon GO yang sedang panas-panasnya seminggu belakangan ini tampaknya sangat menarik untuk disimak lebih dalam. Bahkan untuk di Indonesia yang belum secara resmi dirilis, para gamers sudah berbondong-bondong memburu monster virtual dengan antusias yang sangat tinggi, menggunakan APK yang sebenarnya masih belum terlalu stabil.

pokemon go apk

Tentunya kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, mengingat kombinasi teknologi Augmented Reality (AR), GPS, dengan franchise Pokemon yang telah dikenal seluruh dunia, memang menjadi sebuah terobosan yang pasti mencuri perhatian siapapun. Meskipun begitu, tidak jarang memang, ada pihak yang merasa rekan-rekannya malah jadi kecanduan dengan game ini.

Lalu, apa saja tanda-tanda seorang sudah mulai kecanduan dengan Pokemon GO? Berikut 6 gejala awal yang cukup sering terjadi di depan mata berdasarkan pantauan INIGAME.

1. Tiba-tiba jadi Hobi Jalan Kaki

Gejala pertama ini hampir selalu dialami oleh para pemain Pokemon GO. Berbasis teknologi GPS sama seperti game Niantic sebelumnya, Ingress, gamers harus benar-benar berpindah tempat untuk dapat menjalankan karakter dalam Pokemon GO.

jalan kaki

Photo credit: Shutterstock

Karena syarat inilah, mau tidak mau, gamers harus memaksakan diri untuk berjalan kaki (kalau bisa sejauh mungkin) melalui berbagai cara. Mulai dari lari pagi (atau hanya jalan pagi karena tidak terbiasa lari pagi sebelumnya), hingga berjalan di bawah terik matahari, kini bukan hambatan yang berarti, demi menjadi Pokemon Trainer.

BACA JUGA:   Memastikan Anggotanya Fokus Bekerja, Polres Demak Razia Pokemon GO di Smartphone Para Polisi

Memang Pokemon GO dilengkapi dengan beberapa items seperti Incense dan Lure Module yang dapat menarik Pokemon sehingga gamers tidak perlu berjalan untuk bertemu dengan mereka. Akan tetapi, selain item ini terbatas jumlahnya, berjalan tetap merupakan sebuah keharusan demi memecahkan Pokemon Egg, fitur lain yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Hal ini sebenarnya cukup berdampak baik bagi kesehatan. Ketika niat untuk kurus dengan berolahraga tidak bisa terealisasi selama bertahun-tahun, Pokemon GO mampu membuat gamers berolahraga dalam waktu satu dua hari saja. Betul?

2. Siap Power Bank Kemana-mana

Karena Pokemon GO berjalan menggunakan internet, GPS, gyroscope, hingga kamera (jika gamers mengaktifkan mode AR), maka game ini tentu saja menghabiskan daya yang sangat besar. Belum lagi, game yang beredar di Indonesia masih berbentuk APK yang kemungkinan besar belum berjalan optimal. Saat tim INIGAME mencoba memainkannya, rata-rata baterai handphone yang tadinya penuh bisa habis dalam waktu 1 setengah jam bahkan kurang.

pokemon go baterry

Photo credit: Polygon

Jawaban dari masalah ini tentunya adalah sumber daya lain untuk memperpanjang daya tahan baterai yang tergerus oleh penggunaan rakus dari Pokemon GO. Kesimpulannya, power bank yang penuh setiap saat adalah solusinya.

3. Lebih Sering Ambil Jalan Memutar

Sedikit berbeda dari gejala pertama tadi, gejala ketiga hingga keenam ini ditujukan bagi para gamers yang menggunakan kendaraan untuk berjalan-jalan mencari Pokemon.

BACA JUGA:   Pokemon GO akan Segera Masuki Tahap Percobaan Pertama di Jepang

pokemon go pokestop

Jika pada umumnya gamers selalu mencari jalan tercepat untuk sampai di tempat tujuan, maka bagi yang sudah mulai kecanduan dengan Pokemon GO akan dengan sangat senang hati mengambil jalan memutar, untuk sekadar mampir ke PokeStop dan Gym yang ada di ujung jalan.

Selain itu, dengan mengambil jalan memutar ini, siapa tahu ada Pokemon langka yang tiba-tiba muncul. Betul?

4. Senang Jika Disuruh Membeli Barang/ Mengantar Jemput

Dititipi membeli barang, atau sekadar mengantar jemput tentunya merupakan salah satu aktivitas yang paling menyebalkan, terlebih ketika gamers sedang asik di depan komputer atau konsolnya.

Akan tetapi, thanks to Pokemon GO, berpergian kini menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Kembali lagi, selain bisa menambah peluang bertemu Pokemon, gamers bisa mampir ke PokeStop untuk mengumpulkan berbagai macam items.

pokemon go driving wrong

Bicara tentang kendaraan, sedikit catatan dari INIGAME, bermain Pokemon GO saat mengemudi adalah kegiatan yang sangat berbahaya dan HARUS dihindari, karena dapat mengalihkan fokus baik terhadap kondisi kendaraan maupun keadaan jalanan.

5. Sering Tiba-tiba Berhenti di Pinggir Jalan

Gejala ini juga tentunya sering dialami oleh para pemburu Pokemon yang naik kendaraan.

Tidak jarang Pokemon sering muncul tiba-tiba dalam jangkauan radar karakter gamers. Jika sudah begini, tidak ada alasan lain selain menepi untuk dapat melakukan battle dan menangkap Pokemon itu.

parkir pinggir jalan

Photo credit: andytri.wordpress

Meskipun begitu, sekali lagi perlu diingat, Pokemon GO bukan untuk dimainkan oleh orang yang sedang mengemudikan mobil.

BACA JUGA:   Apple Ikut "Kecipratan" Rezeki dari Popularitas Pokemon GO

Jika ingin mencari Pokemon menggunakan kendaraan, berikanlah tugas melihat smartphone untuk rekan yang menjadi penumpang, sehingga pengemudi dapat selalu fokus pada keadaan jalan.

6. Signal GPS Tiba-tiba Jadi Prioritas Setiap Hari

Ketika biasanya gamers mengomel karena signal provider dan wi-fi yang tidak berjalan optimal, dengan Pokemon GO, kini signal GPS pun jadi hal yang tidak kalah pentingnya.

gps not found pokemon go

Photo credit: linkireng.blogspot

Percaya atau tidak, masalah di GPS seringkali menjadi hal yang sangat menyebalkan.

Terlebih ketika gamers menemui Pokemon di satu tempat, lalu kemudian karena signal yang tidak stabil, karakter di dalam game tiba-tiba terlempar ke tempat lain yang membuat peluang untuk menangkap Pokemon tadi jadi hilang.

Pernahkah gamers marah-marah karena mengalami hal ini? Jika iya, hati-hati, itu adalah gejala kecanduan Pokemon GO.

Setidaknya itulah 6 gejala yang dialami gamers ketika mereka mulai kecanduan Pokemon GO. Dari keenam poin di atas, mana gejala yang sudah kalian alami, gamers?

Punya gejala lain yang gamers temui saat bermain game ini? Bagikan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah.



Kontak Informasi INIGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info@inigame.id.

More in Android

To Top