Connect with us

5 Universitas di Malaysia INI Ternyata Telah Memiliki Klub eSports Sendiri

Taruc eSports Malaysia

eSports

5 Universitas di Malaysia INI Ternyata Telah Memiliki Klub eSports Sendiri

INIGAME.ID – Jika di Eropa, persisnya di Norwegia ada sekolah khusus eSports, maka di negara tetangga kita, Malaysia, terdapat 5 universitas yang telah memiliki klub khusus untuk para peminat eSports.

Berdasarkan Facebook Page eSports Malaysia, berikut adalah informasi mengenai masing-masing universitasnya:

1. Universiti Tun Abdul Razak (UNIRAZAK)

unirazak esports

UNIRAZAK mulai membentuk klub eSports pada Maret 2015. Dilihat dari Facebook Page miliknya, klub yang bernama UNIRAZAK eSports Club (UESC) ini telah berhasil menyabet juara di beberapa turnamen FIFA dan beberapa juara harapan di turnamen DotA 2.

2. Swinburne Sarawak

swinburne-esports

Merupakan sebuah universitas yang memiliki fokus di bidang teknologi, Swinburne memiliki klub eSports yang diperkirakan mulai berdiri sejak Agustus 2015. Dilihat dari Facebook Page miliknya, kampus ini juga memberikan dukungan di bidang eSports dengan mengadakan turnamen game kompetitif seperti DotA2, Hearthstone, CS:GO, dan Tekken.

3. University of Kuala Lumpur (UniKL)

UNIKL-esports

UniKL membentuk klub eSports-nya pada April 2015—yang sampai sekarang telah disponsori oleh beberapa brand terkenal seperti Razer, BenQ, dan Red Bull. Melihat koleksi foto di Facebook Page miliknya, UniKL eSports Club tidak hanya fokus di DotA 2, tetapi juga terlihat memainkan cabang game yang lain seperti FIFA.

4. Tunku Abdul Rahman University College (TARUC)

taruc esports

Berdiri sejak Mei 2014, klub eSports yang bernama TARUC Interactive Gaming Society ini tidak hanya berfokus di video game seperti DotA 2 dan FIFA saja, tetapi juga menampung para penggemar card game dan bahkan competitive group game seperti yang bisa ditemukan dalam reality show Running Man.

5. International Islamic University Malaysia (IIUM)

IIUM-esports

Universitas ini pertama kali mempromosikan klub eSports miliknya di YouTube pada 10 Oktober 2015. Jika dilihat dari video promonya, IIUM eSports Club ini mendukung beberapa game sekaligus seperti DotA 2, CS:GO, Street Fighter, FIFA, dan beberapa tipe game lain. Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai aktivitas yang dilakukan klub eSports ini.

malaysia esports

Selain kelima universitas di atas, masih ada tiga universitas lagi seperti Universiti Tenaga Nasional (UNITEN), Universiti Teknologi MARA, dan Universiti Putra Malaysia yang sedang bersiap menyusul untuk menghadirkan klub eSports di tempatnya masing-masing.

Jika Malaysia sudah berani untuk menghadirkan eSports sebagai suatu kegiatan sampingan di berbagai universitas, kira-kira kapan sektor eSports di Indonesia bisa berjalan beriringan dengan sistem akademis seperti ini?

Comments

Continue Reading
Advertisement
You may also like...

More in eSports

Advertisement>

MUST READ

Advertisement
To Top